Join The Community

Premium WordPress Themes

Friday 17 December 2010

TASAWWUF


            Banyak orang memperbincangkan mengenai kualitas ibadahnya kepada Allah. Karena tatacara kehidupan keseharian, yang membuat ibadah menjadi kurang bermakna, kurang memiliki arti, dan lebih kepada kewajiban belaka. Sehingga bukannya kebahagiaan yang mereka dapatkan tetapi kehampaan dalam mengarungi hidup ini.
            “Ibadah kepada Allah, beribadah juga hanya karena Allah. Mendekatlah kepada Allah, cintailah Allah, jadikanlah Allah tujuan utama dalam kehidupan kita, sehingga rahmat Allah, berupa nikmat didunia dan di-akhirat akan turun menghujani kita dengan derasnya.”
            Seperti tertulis dalam surat Al-Jin ayat 16 :
Artinya :      “Dan bahwanya jika mereka tetap berada diatas jalan (metode) yang benar, niscaya Akan kami turunkan hujan (rahmat) yang lebat (nikmat yang banyak).
            Ayat diatas adalah utamanya dari Tasawwuf. Suatu kegiatan bersifat spiritual yang selalu berusaha mencari-cari jalan untuk memperoleh kecintaan dan kesempurnaan rohani hanya untuk Allah.
            Jadi bila mulanya kita mengenal Ibadah yang berkaitan dengan syareat seperti rukun-rukun Islam atau rukun Iman, rukun Sholat, batal dan tidaknya, perlu juga ditingkatkan sampai ke hakekat, terus kita merenung akan kebesar Allah hingga akhirnya sampailah kita kepada ma’rifat yaitu mengenal Allah hingga timbullah apa yang dinamakan ilmu Tasawwuf.
Pengertian Tasawwuf
            Mengenai asal kata tasawwuf ini banyak kalangan yang berbeda pendapat. Ada yang bilang berasal dari kata sufah, yang artinya: nama surat ijazah orang yang naik haji, bisa juga dari kata kerja safa yang artinya bersih dan suci. Ada juga yang menanggap dari kata suffah, yaitu ruangan dekat mesjid Madinah tempat Rasulullah memberi pelajaran kepada sahabatnya atau diambil dari kata suf yang berarti bulu kambing yang dibuat oleh kaum sufi dari Syiria. Memakai suf ini sendiri telah menjadi baju kebesaran orang Kristen sejak nabi Isa As. Tujuannya sendiri menuju kesederhanaan menjauhi dari sikap riya, sehingga akhirnya menjadi kaum sufi yang mempelajari ilmu tasawwuf.
Makna Tasawwuf
            Seperti yang dijelaskan sebelumnya, yaitu mencari jalan untuk menuju kesempurnaan dalam mencintai Allah dan memperoleh rohani yang bersih hanya kepada Allah.
            Pada mulanya kaum sufi ini juga memiliki kecintaan terhadap dunia, tetapi seiring dengan meningkatnya kesufian mereka, maka berangsur-angsur kecintaan dan kelezatan dunia lalu menyusut dan menghilang untuk kemudian beralih kepada kecintaan dan kelezatan rohani semata.Yang mana kelezatan ini hanya dapat dirasakan dengan perasaan yang halus, dunia yang gaib yang bersatu dengan arti cinta dan keagungan. Tasawwuf berpindah dari alam kebendaan menuju alam rohani yang tiada batasnya.

Tujuan Tasawwuf
            Menurut Imam Al Ghozali ilmu tasawwuf adalah tuntunan yang dapat menyampaikan manusia mengenal Tuhan dengan sebenar-benarnya, atau disebut ma’rifat. Oleh karena itu tujuan ilmu tasawwuf tidak lain membawa manusia, setingkat demi setingkat kepada Tuhannya. Sehingga tujuan akhir hidup didunia dan diakhirat nanti dapat tercapai.
            Tujuan akhir kehidupan didunia adalah agar segala doa dan keinginan kita mudah terkabul. Sedang tujuan akhir diakhirat yaitu agar dapat bertemu dengan Allah dalam gelimang nikmat kebesaran Allah SWT.

Pengertian Ilmu
            Dalam mempelajari ilmu terdapat dua pengetahuan, yaitu yang pertama ilmu mukhasyafah, yaitu ilmu untuk membuka tabir hubungan manusia dengan Allah, sedang ilmu yang satunya ilmu mu’amalah, ilmu untuk diamalkan dalam hubungan manusia dengan manusia.
            Sedangkan dalam pengembangan keseharian, ilmu dibagi lagi menjadi dua yaitu ilmu yang tercela atau dimurkai oleh Allah, dan yang satunya ilmu yang berfaerah atau hikmah, ini adalah ilmu yang diridhoi oleh Allah.
            Dalam mencari ilmu, tidaklah kita menjadi tercela, tetapi ketika kita mengamalkannya bisa dikatakan tercela bila terdapat 3 hal didalamnya yaitu :
1.    Ilmu yang memberi mudarat pada yang mempelajari ataupun orang lain seperti ilmu sihir, santet, guna-guna dsb.
2.    Ilmu yang sewaktu-waktu bila digunakan dapat membahayakan orang lain seperti astrologi, baik bila untuk mencari kebaikan, tetapi menjadi tercela ketika untuk mencari kelemahan orang lain, atau bahkan mencelakainya.
3.    Menyelami ilmu tanpa batas hanya akan memusingkan dan tidak berfaedah apa-apa. Sedikit asalkan istikomah lebih baik dibandingkan banyak tetapi tidak rutin.
            Ajaran ilmu berdasarkan kesufian untuk mendapatkan keridhoan Allah untuk mendapatkan jalan atau tarekat kepada Allah. Jalannya yaitu dengan mujahadah, riadah, membersihkan hati, mengosongkan dari segala yang berkaitan dengan duniawi.
Ilmu sufi ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu :
1.    Ilmu Syariat
       Ilmu yang memperhatikan peraturan-peraturan agama yang diturunkan Tuhan kepada NabiNya. Sedang ilmu Syariat menurut orang sufi yaitu meninjau lebih dalam hukum-hukum syariat itu seakan membuat lebih mesra kepada hati dan jiwa seseorang, sehingga seringkali dianggap menyimpang dari hukum-hukum fiqih tertentu.
2.    Ilmu Tarikat
       Jalan untuk mencapai tujuan kepada Tuhannya. Orang melakukan disebut salik. Tujuan dari tarekat adalah mempertebal iman para pengikutnya sehingga tidak ada yang dicintai selain Allah.
       Untuk mencapai hal tersebut manusia harus menjalankan beberapa hal seperti :
a.    Ikhlas - bersih segalam amal dan niatnya dalam mengerjakan pekerjaan maupun ibadah dan beramal, hanya mengharap keridhoan dari Allah SWT.
b.    Muraqobah - merasa gerak-geriknya selalu diawasi oleh Allah.
c.    Muhasabah - memperhitungkan laba rugi amalnya dengan selalu menambah kebajikan.
d.    Tajarrud - melepaskan diri dari segala ikatan yang menghalangi dirinya menuju jalan dalam mencapai cita-citanya kepada Allah, tetapi dengan tetap memperhatikan syariat yang ada.
       Guru yang memberi petunjuk dinamakan syeh atau mursyid, ia memberikan latihan-latihan dzikir/wirid (riadah), lebih banyak menyendiri (khalwat), sehingga menetapkan ingatannya hanya kepada Allah (tawajuh).
       Sedangkan pengikutnya dinamakan murid yang dibaiat oleh mursyid (guru) untuk bersumpah setia untuk menjaga diri dari segala perbuatan maksiat (melakukan taubat).
       Sedangkan dzikir para sufi cara seperti :
a.    Dzikir lisan, melafadkan “Laa ilaa ha ilallah”.
b.    Dzikir qalbi, hanya diucapkan dalam hati, tetapi lidah tetap bergetar dengan mengucap dalam hati “Allah..Allah..”
c.    Dzikir sirri yang diingat secara rahasia dan dilafadkan secara halus dan pelan, yaitu “Huwa

3.    Ilmu Hakekat
       Adalah ilmu untuk mencari kebenaran. Apabila kita sudah sampai pada taraf ini maka hatinya hanya terpaku kepada Allah, walaupun diberi segala macam cobaan.
       Jika sampai tahap ini sudah Haqqul Yakin, maka akan terbuka hijab (hasyful mahjub). Biasanya ada laku yang dijalankan selama 7 hari atau suluk. Dimana pada akhir lakunya tersebut akan menemukan hakekat.
       Apa yang ada didalam dunia hanya sementara, manusia dan benda sekelilingnya tidak ada (ada) dan akhirnya akan lenyap (fana). Dan bila dilakukan terus menerus, maka akan terbuka rahasia yang menyelubungi manusia dengan Tuhannya atau biasanya disebut kasyaf.

4.    Ilmu Ma’rifat
       Arti ma’rifat adalah pengetahuan untuk mengetahui segala sesuatu dengan seyakin-yakinnya, atau mengenal Allah dengan sebenar-benarnya. Untuk mencapai hal ini dilakukan dengan jalan tafakur (merenungkan Kebesaran Allah).
       Ilmu ma’rifat sendiri bisa dicapai dengan 2 cara yaitu :
a.    Ilmu adna, yang didapat dengan cara mempelajari dan usaha, membaca dan belajar.
b.    Ilmu laduni, ilmu yang berasal dari Allah. Ilmu ini diberikan oleh Allah kepada siapa saja yang dikehendaki. Hal ini didapat dari taqwa, salih dan memiliki nilai kesufian.
Nilai kesufian ini disebut dengan maqomat yang meliputi :
a.    Takhalli - membersihkan diri dari sifat kasar dan kotor.
b.    Tahalli - mengisi dengan sifat-sifat cara hidup yang sufi dan penuh dengan kemurnian hanya karena Allah.
c.    Tajalli - tempat yang nyata dimana ia melihat dan mampu memohon segala yang bersifat Ajaib karena kehendak Allah, termasuk rahasia Allah.
Bacaan Wirid Thariqat
            Untuk melakukan wirid tarikat maka seseorang perlu dibaiat oleh syech atau mursyidnya. Seorang syech mendapatkan ilmu thariqat ini silsilahnya bersambung sampai kepada Rasulullah dan tidak sah bila tidak berguru kepada syech yang silsilahnya tidak sampai kepada Nabi.
            Berikut adalah contoh bacaan wirid thariqat dari tarikat Qodiriyah dan Naqsabandiyah:
1.    Membaca Al-Fatihah untuk Nabi, para guru/syeh yang telah mendahului khususnya syech Abdul Qodir Jaelani (Qodiriyah) & syech Junaedi Al-Baghdadi (Naqsabandiyah), untuk kedua orang tua dan arwah para muslimin dan muslimat.
2.    Membaca Surat Al-Ikhlas 3x
3.    Membaca Sholawat Ibrahim 1x (Sholawat pada tahiyat akhir)
4.    Membaca kalimat Allah 300x pada setiap latifah
5.    Ditutup dengan do’a :
artinya:      Ya Allah Yang Maha Kuasa, saya mengharap atas keridhoanmu dan ridho Mu itulah yang saya cari-cari dan semoga Allah memberi pada saya kesenangan dunia dan kesenangan akhirat dan tetap ma’rifat kepada Mu Ya Allah dengan ma’rifat yang tetap.

Tingkatan Manusia menurut ilmu Tasawwuf
            Ma’rifat itu datangnya dari dua jurusan, yang pertama berdasar Ainur Juud atau mata kemurahan, ini murni karena kehendak Allah, dan Badzlul Majhud, ini karena riadho atau ikhtiar kita dengan daya upaya manusia.
            Sedangkan tingkatan (maqom) manusia untuk sampai kepada ma’rifat seperti yang tercantum dalam kita Hilyatul Auliya adalah sebagai berikut :
1.    Bertobat (At-Taubah)
2.    Takut (Al-Khauf)
3.    Harapan (Ar-Rajaa)
4.    Orang-orang yang saleh (Ash-Solihin)
5.    Para yang berhasrat dan penempuh (Al-Muridin)
6.    Selalu Taat (Al-Muthiin)
7.    Para Pencinta (Al-Muhibbin)
8.    Yang selalu merindukan (Al-Musytaqin)
9.    Para Wali atau kekasih (Al-Auliya)
10.  Yang paling dekat (Al-Muqorrobin).

Perbandingan Tasawwuf & Kebatinan
Tasawwuf mempunyai sumber satu ialah Al-Qur’an dan Hadits, walaupun bermacam-macam jalan satu sama lain yang berbeda (maksudnya disini adalah hanya pada praktek-praktek acara yang ditentukan oleh gurunya).
Sedangkan kebatinan tidak mempunyai keseragaman dalam sumber, sebab ada yang bersumber pada agama Islam, agama Hindu-Budha dan ada juga yang bersumber merupakan singkritisme (campuran) dari ketiga agama Islam, Kristen dan Budha.
Tinjauan Tujuan
Tasawwuf bertujuan :
1.    Membersihakn jiwa dari sifat tercela dan menghiasinya dengan sifat terpuji
2.    Tekun beribadah, bertakarub, tafakur dan dzikir kepadaNya untuk mencapai manusia baik yang diridhoi Allah
3.    Mendapat ketenangan hati dengan cara musyahadah, ma’rifat billah dan selamat didunia sampai akhirat mendapat balasan surga tempat yang kekal nikmat abadi
Sedangkan kebatinan tujuannya adalah :
1.    Berusaha hidup sempurna dan bahagia lahir bathin dengan membangun budi pekerti yang luhur.
2.    Mensucikan jiwa dan menanamkan rasa cinta kasih.
3.    Hidup damai serta gotong royong untuk kesejahteraan umat demi tercapainya kesempurnaan bathin.
Dapat disimpulkan perbedaan tujuan kedua aliran tersebut diatas adalah :
Bagi orang kebatinan, hanya menekankan hidup sempurna, bahagia lahir dan batin didunia saja.
Sedangkan bagi orang-orang tasawwuf, tekanan pada kehidupan didunia maupun akhirat.

Kandungan ajaran tasawwuf
            Ajaran tasawwuf bila kita perhatikan secara seksama maka akan dibagi menjadi 4 yaitu :
1.    Metaphisika, ilmu diluar alam dunia atau alam gaib yang bersumber pada keimanan kita terhadap Allah. Iman kepada Allah merupakan nikmat yang pa-ling indah, begitu juga kepada akherat yang akhirnya membawa kita kepada nikmat dalam menjalankan ibadah, dan iman akan adanya syurga akan membuat kita selalu berusaha untuk mendapatkannya dengan jalan Allah, dan mengingat neraka akan membuat kita takut dan akan selalu mencegah diri kita untuk melalukan perbuatan-perbuatan yang akan mengarah kita kesana.
2.    Ethica, mempelajari akhlaq yang baik kepada manusia maupun kepada Tuhan, seperti dalam salah satu hadits disebutkan “tidak akan masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya.”
3.    Psychologia, interospeksi pada diri sendiri. Untuk mengenal Allah mari kita ajukan pertanyaan kepada diri sendiri :
a.    Siapakan saya ?
       Saya adalah makhluk ciptaan Allah, tidak mungkin semua ini ada tanpa ada yang menciptakan.
b.    Darimanakan asalnya ?
       Pertama kali Adam diciptkan dari tanah kemudian anak cucunya dengan perantaraan manusia maka jadilah manusia-manusia lain.
c.    Apakah tugas manusia ?
       Tujuanya adalah beribadah kepada Allah, berbakti kepada bangsa dan negara demi tercapainya masyarakat adil makmur, aman dan sentausa yang diridhoi Allah SWT.
d.    Akan kemanakan akhirnya ?
       Setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Matinya kita tidak akan membawa apa-apa dari kehidupan didunia ini selain pahala kebaikan yang kita kumpulkan dalam bentuk keimanan terhadap Allah.
4.    Aestethica, keindahan pada jiwa seseorang yang berpuncak pada mahabbah, cinta. Orang akan merasa tenang hatinya tidak ada pikiran kotor dan buruk dalam bathinnya, sehingga hati bersih kemilau memancar menghadap Allah dan orang disekitarnyapun turut merasakan ketenangan. Jalan untuk mencapai ini dengan cara tafakur kepada Allah, merenungkan segala ciptaanNya, sehingga timbullah cinta terhadap seluruh ciptaan Allah.

Kandungan Ajaran Kebatinan
            Yang dimaksud dengan kebatinan adalah kepercayaan rakyat Indonesia yang tidak termasuk dalam aliran agama yang diakui seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.
            Beberapa aliran kebatinan yang kebetulan pernah saya pelajari untuk sekedar wacana saja, salah satunya adalah :
1.    Ngelmu Bejo, banyak beredar disekitar Jogjakarta, atau ilmu-ilmunya biasa disebut dengan Ngelmu mulur mungkret, ini adalah hasil ciptaan Ki Ageng Suryomataram, dimana ajarannya bahwa manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan, bumi, api dll berasal dari jladren (benda asli, terjadi begitu saja). Aliran ini bisa dikategorikan sebagai aliran atheisme atau materialisme.
2.    Pambuka Das Songo, bersumber pada ajaran mistik. Pimpinannya Nyai Harjosentoso yang mengajarkan artinya lobang 9 (2 mata, hidung telinga, kemaluan dan 1 mulut). Aliran ini banyak beredar disekitaran Semarang sampai pesisir Jawa Timur.
3.    Ilmu Sejati, aliran kebatinan dari daerah Sukerejo, diciptakan oleh R. Prawirosoedarso, merupakan ajaran mistik tanpa membedakan agama dan golongan, ajarannya bersumber dari agama Islam, Kristen dan Budha.
4.    Imam Mahdi, golongan mistik yang mendasarkan ilmunya pada Islam. Pimpinannya bernama Ahdi dari Tasikmalaya, bertujuan pada Perikemanusiaan, Ketuhanan yang Maha Esa, Gotong Royong, Kejujuran dan Kerukunan. Ajarannya yang cukup unik yaitu membaca Al-Fatihah yang sampai “Ihdinas Shirotol Mustaqim”, sedangkan ayat selanjutnya dihilangkan, karena takut di “Ghoiril” (disembelih). Kemudian setiap orang mempunyai nabi sendiri-sendiri yang berjumlah 25.
Sedangkan ajarannya sendiri pada umumnya mengandung 4 hal juga yaitu :
1.    Sciences Occultes atau Ilmu gaib, ilmu rahasia yang diajarkan tanpa mempunyai arsip yang jelas, dengan perantaraan alamat khusus yang juga sangat rahasia. Biasanya dibagi 2 yaitu:  Physical, kemampuan menggerakkan benda oleh kekuatan ajaib yang tidak dikenal & Mental, yaitu kenyataan-kenyataan yang diperoleh orang tanpa melalui saluran panca indera.
2.    Union Mystique, bersatunya manusia dengan Tuhan. Dalam bahasa Jawa disebut sebagai “Manunggalin kawula lan Gusti”. Dilambangkan dengan Curigo manjing ing warongko lan warongko manjing ing curigo (artinya keris masuk dalam rangka dan rangka masuk dalam keris). Dalam istilah tasawwuf disebut hulul atau istihad yang dibawakan oleh aliran Al-Hallaj dimana intinya adalah “Anaa al haq” artinya saya Adalah Tuhan Al-Haq. Pendirinya Abul Muughis Husain bin Mansur Al-Hallaj pernah juga berkata “wamaa fie jubbatie illallah” artinya: Dan tiada ada yang ada dalam jubahku melainkan Allah.
       Saya pernah mempelajari salah satu kitab Wirid Hidayat Jati karangan Ronggowarsito, artinya itu kurang lebih : “Diwaktu itu mengheningkan cipta dengan mengingat dan menetrapkan dzat kepada dirinya sendiri dengan berkata: “Aku penjelmaan dzat Yang Maha Suci, yang berkuasa diatas segala sesuatu”, yang berkuasa : “Kun fayakun, segala yang aku ciptakan terlaksana datang sewaktu aku inginkan..... ia .....keluar dari kodratKu.”  Setelah itu menarik nafas perlahan dan diturunkan keluar dari lubang hidung, perlahan saja tanpa tergesa-gesa, diakhiri dengan penyerahan diri dan memohon kepada diri sendiri.
       Saya berkeyakinan dalam Islam, baik hulul yang dikerjakan Al-Halaj maupun Wirid Hidayat Jati adalah menyeleweng, Imam Al-Ghozali yang ajarannya diterima oleh kalangan Ahlus Sunnah Wal-Jamaah, tidak membenarkan orang yang mengira dirinya mencapai derajat hulul, ittihad atau wusul.
3.    Metaphisic, disebut juga sangkan paraning dumadi suatu filsafat tentang alam wujud, darimanakan wujud itu datang dan kemana wujud itu pergi. Banyak diajarkan dilingkungan perdikan persilatan di Jawa Tengah, dimana seakan-akan dunia ini tetap ada tanpa ada akhir maupun balasan.
4.    Ethic atau budi luhur, dalam aliran kebatinan dianggap “memayu hayuning bawana langgeng”. Artinya membentuk dunia yang indah dan makmur.

Tujuan Ilmu Kebatinan
Berbeda dengan tasawwuf dalam konteks thariqat, dimana banyak jalan dalam aturan atau metode untuk mendekat kepada Allah, tetapi tujuan akhirnya hanya satu yaitu mencapai ma’rifat billah atau menjadi manusia sempurna yang diridhoi Allah SWT dan bersumber kepada satu hal yaitu Al-Quran dan Hadits. Kebatinan sumbernya berbeda ada yang dari Islam tetapi tidak menjalankan syareatnya, ada juga yang dari Kristen dan Budha.
Tetapi dari berbagai aliran kebatinan tersebut dapat kita ambil kesimpulan inti dari ajaran kebatinan ini yaitu :
a.    Berusaha untuk mencapai hidup sempurna dan bahagia lahir batin.
b.    Menanam rasa cinta kasih sesama demi tercapainya kesejahteraan umat.
c.    Membangun budi pekerti luhur dan jiwa yang suci murni.
d.    Mencapai keadaan yang termulia dalam hidupnya didunia ini.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kritik dan masukan dari teman-teman.